Kegiatan

KPI SEBUAH UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DAN KARYAWAN

Tidak hanya siswa yang mendapat penilaian dan menerima rapor, guru pun demikian. Di SMA Theresiana 1 ini, guru selalu dinilai dan mendapat rapornya. Tentu saja penilaian ini dilakukan untuk menilai sejauh mana kinerja dari masing-masing guru dengan tujuan apakah guru yang bersangkutan sudah sesuai dengan kriteria ideal sebagai seorang guru di SMA Theresiana 1.

Penilaian kinerja merupakan sebuah evaluasi untuk menilai kinerja karyawan dan juga memahami kemampuan para karyawan. Dalam sebuah lembaga pendidikan penilaian kinerja juga berlaku baik untuk guru dan karyawan. Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, penilaian kinerja guru adalah penilaian dari setiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Penilaian tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturen Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Dalam rangka untuk melakukan penilaian kinerja guru dan karyawannya, Direktorat Sekolah Theresiana Yayasan Bernardus mempunyai sebuah sistem yang berupa aplikasi yang dikenal dengan KPI (Key Performance Indicators). KPI ini merupakan sebuah sistem yang berisi indikator-indikator yang digunakan untuk menilai kinerja guru atau karyawan sekolah-sekolah yang bernaung di bawah Direktorat Sekolah Theresiana Yayasan Bernardus salah satunya SMA Theresiana 1 Semarang. Penilaian kinerja menggunakan KPI di SMA Theresiana 1 mencakup beberapa aspek yaitu core value Theresiana (sukacita, jujur, disiplin dan peduli), kompentensi pendidik meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Aspek lainnya adalah kehadiran. Sedangkan unsur yang menilai meliputi atasan (Kepala Sekolah dan Direktur), rekan sejawat dan peserta didik.

Tujuan dilaksanakannya penilaian kinerja menggunakan KPI adalah untuk mengetahui apakah program pendidikan dan pembelajaran di sekolah telah dikuasai masing-masing personal, dan melihat juga keterlaksanaannya. Tujuan lainnya adalah untuk memperbaiki kinerja guru dan karyawan untuk periode selanjutnya, memberikan pertimbangan kepada Kepala Sekolah dalam pemberian reward ataupun punishment dan untuk memotivasi guru dan karyawan agar bisa bekerja secara maksimal.

Bapak/Ibu guru SMA Theresiana1 yang masuk 10 besar nominasi terbaik KPI adalah

  • Bernardus Anindyo Windi S., S.Pd,
  • Marcelinus Eko Kuntoro H., S.Pd
  • Drs. Antonius Kristiadi
  • Sr. Emelyn Thea
  • Dra. Purwiani Pudjiastuti
  • Bernadette Dewi Pramesti, S.Pd
  • Elly Harjani, S.Psi
  • Rosalina Ninda karisa, S.Pd
  • Baeta wulandari, S.S
  • H. Woro Hastuti, S.Pd

Adapun peringkat 1, 2 dan 3 KPI diraih oleh: Bernardus Anindyo Windi S., S.Pd, Drs. Antonius Kristiadi, sedangkan peringkat 3 ada dua orang yaitu Dra. Purwiani Pudjiastuti dan Bernadette Dewi Pramesti, S.Pd.

Ada penghargaan dari sekolah untuk peraih peringkat 1-3 dan juga untuk semua peraih nominasi 10 besar KPI. Penghargaan ini merupakan sebuah pengingat dan juga motivasi untuk seluruh Ibu/bapak guru agar senantiasa memperbaiki dan meningkatkan potensi diri demi perkembangan SMA Theresiana 1 ke arah yang lebih baik. (Dewi Pramesti)

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *