Kegiatan

Awali Tahun Ajaran Baru dengan Kegiatan Literasi dan NKRI-GO

Kegiatan Literasi dan NKRI-GO di Kelas XII IPA 1

Era pendidikan yang mengedepankan keaktifan siswa dalam pembelajaran pasti tak lepas dengan adanya kegiatan literasi. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kegiatan literasi merupakan salah satu aktivitas penting dalam kehidupan yang biasanya ditandai dengan kegiatan membaca dan menulis. Pentingnya kegiatan literasi dalam proses pembelajaran bertujuan agar siswa memperoleh pengetahuan tidak hanya dari pembelajaran di sekolah, melainkan memperoleh pengetahuan atau informasi penting dari kegiatan membaca dan menulis yang telah mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain menambah wawasan, adanya kegiatan literasi juga membantu menyiapkan diri siswa sebelum masuk pada materi pembelajaran. Tidak hanya itu, penanaman pendidikan karakter juga penting diberikan kepada siswa.

Kegiatan Literasi dan NKRI-GO di Kelas XI IPS 2

Oleh sebab itu, untuk mengawali kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran baru, SMA Theresiana 1 Semarang mengadakan kegiatan literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dengan mengusung tema NKRI-GO. Kegiatan ini diadakan secara khusus selama 3 hari berturut-turut, yaitu pada hari Senin sampai dengan Rabu, tanggal 15-17 Juli 2019, dan berlaku untuk kelas XI dan XII, sementara kelas X melaksanakan kegiatan MPLS.

Hasil yang telah dicapai dari adanya kegiatan ini yaitu siswa dapat melatih mental dan fisiknya agar kembali siap untuk belajar setelah sekian lama libur, mengembangkan kemampuan membaca, menulis, dan menyampaikan informasi, serta menyegarkan kembali ingatan akan hal-hal yang sebelumnya pernah dipelajari. Selain itu, di tahun ajaran yang baru ini diharapkan siswa semakin memiliki karakter yang baik dengan berlandaskan pada karakter NKRI-GO. Dengan demikian, siswa SMA Theresiana 1 Semarang dapat menjadi pribadi yang unggul sesuai dengan core value SMA Theresiana 1 Semarang yaitu Sukacita, Disiplin, Jujur, dan Peduli.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *