Kegiatan,  Non Akademik

Sepenggal Kisah di Desa Kapencar

SMA Theresiana 1 Semarang baru saja mengadakan kegiatan live in pada tanggal 5-8 Desember 2023, yang dilaksanakan di Desa Kapencar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Live in tahun ini mengambil tema “Memayu Hayuning Bawana” yang berarti membuat dunia menjadi indah. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI SMA Theresiana 1 Semarang. Live in tahun ini akhirnya sukses dilaksanakan setelah tahun sebelumnya terhalang pandemi.

Live in sendiri merupakan salah satu dari kegiatan tahunan SMA Theresiana 1 Semarang yang bertujuan untuk mengajarkan makna hidup yang bersahaja dalam bermasyarakat kepada para siswa. Para siswa harus mampu berdinamika dengan warga di mana mereka tinggal sementara, yang tentu sangat berbeda dengan kehidupan sehari-hari para siswa di kota. Melalui kegiatan ini, kita semua berharap para siswa SMA Theresiana 1 Semarang dapat menemukan makna kehidupan yang ke depannya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Makna kehidupan itu seperti kesederhanaan, rasa syukur, kebersamaan, dan hal-hal positif yang lainnya.

Pada saat para siswa live in di Desa Kapencar ini, para siswa disambut hangat oleh para warga di sana dan diajak untuk ikut ambil bagian dalam kehidupan bersama keluarga angkatnya seperti berjualan di pasar, pergi ke ladang, beternak, ikut dalam doa bersama dan membantu memasak atau membersihkan rumah. Semua itu berhasil dilakukan oleh para siswa, baik kelas X maupun XI. Semuanya pun merasa senang mengikuti kegiatan live in ini karena ada banyak sekali pengalaman baru yang mereka dapatkan. Tak lupa, para siswa juga diajak untuk mengunjungi Goa Maria Taroanggro bersama dengan para guru pendamping.

Meski medan yang cukup terjal dan udara yang dingin, semangat para siswa mengikuti kegiatan live in di Desa Kapencar ini tak surut. Bahkan, mereka pun telah mempersiapkan penampilan untuk acara Kenduri di sana yang menghibur para warga. Para siswa sangat senang dapat belajar bersama dengan para warga Desa Kapencar, hingga tak terasa sudah menginjak hari keempat yang menandakan saatnya untuk kembali ke Semarang.

Semoga setelah kegiatan live in ini, para siswa kelas X dan XI SMA Theresiana 1 Semarang dapat menjadi pribadi yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan semakin mampu mengamalkan nilai-nilai Santa Theresia. Tak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih untuk para warga Desa Kapencar yang sudah menjadi guru kehidupan untuk para siswa SMA Theresiana 1 Semarang.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *